Men-Setting Windows 7 Agar Mampu Menulis Huruf Kana

Jujur nih, aku baru saja mendapat informasi ini dari guru keterampilan bahasa-ku (Arigatou, sensei!)
Pendeknya, (diharapkan) artikel ini mampu membimbingmu agar dapat men-setting OS (windows 7) sehingga bisa digunakan untuk menulis huruf kana (jepang), cina, bahkan korea (kenapa aku mencantumkan korea? Karena itu yang sedang in) Jika sudah di setting, kita tidak perlu men-download font-font untuk huruf selain alphabet tersebut atau menggunakan online keyboard (<-cara-cara yang biasa aku lakukan agar aku bisa meulis huruf kana di komputer, aku bahkan menggunakan google translate!)

Tapi perlu diperhatikan, kemampuan setting ini hanya dimiliki oleh windows 7. Jika OS mu masih berupa Windows xp, dan keinginanmu untuk melakukan settingan ini sangatlah besar, waktunya untuk menginstall OS baru pada perangkatmu🙂

Here we go:

1. Klik menu start
2. Klik Control Panel
3. Akan keluar jendela seperti ini. Klik “Change keyboard or other input methods”

4. Selanjutnya akan keluar jendela seperti pada gambar, klik “change keyboard”.

5. Pasti muncul jendela seperti di bawah ini kan? Jika kamu baru pertama kali melakukan penyettingan ini, kemungkinan besar bahasa yang tertera memang hanya bahasa inggris saja, untuk menambahkan bahasa lainnya (dalam contoh kali ini, Jepang). Klik “Add”.

6. Ketika muncul jendela “add input language”, cari bahasa Jepang dan klik pilihan-pilihan sesuai dengan yang tertera pada gambar. Jika sudah, tentu saja klik OK.

7. Jika kamu melakukannya dengan cara yang benar, maka yang daftar bahasa yang ada di layarmu akan bertambah. Kurang jelas? Lihat gambar. Kemudian Klik “Apply”

Tadaaaaaa! Proses setting selesai! Tapi dengan begitu bukan berarti jika kita mengetik di Ms. Word huruf-huruf alphabet yang kita ketika akan langsung berubah menjadi huruf kana (atau apapun yang kamu coba). Kita harus mengubah “input mode” yang kita gunakan. Lihat cra di bawah ini untuk mengubah:

1. Lirik bagian kanan taskbar mu, biasanya pengaturan bahasa terletak di urutan paling kiri. Kupikir gambarnya agak terlalu kecil, kamu bisa melihatnya? Kalau tidak, mungkin setidaknya kamu ahu harus mengklik yang mana; lihat garis merah itu kan?

2. Akan keluar input pilihan berupa “English”, “Japanese” , dan “Show input Toolbar”. pilih yang terakhir. Maka akan muncul kotak kecil seperti ini.

3. Nah, setelah ini kamu bisa meng-klik “EN” dan menggantinnya menjadi Japanese.

Setelah ini tidak akan ada penjelasan berupa gambar, mohon dimaklumi.

4. Klik “Input Mode”

5. Pilih “Hiragana”

Sampai disini, kamu sudah bisa menulis apapun yang kamu inginkan dengan huruf Kana, bahkan kanji🙂

Jika sudah selesai, jangan lupa mengganti kembali input mode menjadi English. Maksudku, kau tidak mungkin kan menulis laporan praktikum fisikamu dengan huruf hiragana kepada guru yang memintamu untuk melakukannya dengan bahasa Inggris, it’ll be kind of awkward moment.

Like? Critique? Comment :]

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s