Sunshine Becomes You – Ilana Tan

Dan akhirnya penantianku selama dua tahun terbayar :]

Rencana untuk membeli hadiah di tempat “suci”-ku (baca: toko buku) melenceng total dari jalannya. Itu berawal dari spanduk merah muda yang dipampang di bagian depan tempat suciku. Spanduk bertuliskan (Aku lupa bagaimana detilnya) Buku baru Ilana Tan itu tergantung begitu saja di depan gedung dan detik berikutnya aku menyadari bahwa aku sudah memekik dan berlari ke lantai dua. Menurutmu aku mengada-ada? Tidak, aku berani sumpah aku mendengar teman-temanku malu bersamaku saat itu.

Jadi saat aku sampai di lantai dua, aku langsung berjalan (dengan kecepatan maling di kejar polisi) ke arah buku baru. Dan disitulah dia, dengan sampul merah muda di salah satu lemari.

Gambarnya bisa dilihat sendiri.

Perlu kuakui buku Ilana kali ini lebih tebal daripada sebelumnya, sekitar 400 halaman. Kemudian aku menghabiskannya dalam kurun waktu 6 jam.

Yang kusukai dari buku ini adalah kararkter tokohnya berbeda dengan buku-buku Ilana yang lain. Jika Jung Tae-Woo, Tatsuya Fujisawa, Nishimura Kazuto, dan Danny Jo pada dasarnya berwatak ramah dan baik hati, maka Alex Hirano adalah kebalikan mereka. Tokoh utama pria di buku ini berwatak menyebalkan, jenis orang yang sepertinya akan kutonjok wajahnya pada pertemuan pertama. If I own Sunshine Becomes You, aku akan membuat Mia Clark meninju Alex Hirano tepat di muka. But, unfortunately I do not own this.

Tokoh Mia Clark sendiri adalah tokoh wanita yang kusukai. Sifatnya ceria dan menyenangkan, namun di sisi lain tegar dan keras kepala. Karakter yang akan bertabrakan dengan Alex Hirano yang temperamental dan sarkastis. Tapi disitulah poin plus nya. Di bukunya kali ini Ilana menyajikan sesuatu yang berbeda dari bukunya yang lain. Jika dibukunya yang sebelumnya ia membuat hubungan antar tokoh utama baik dan smooth, disini Ilana membuat para tokoh utama uring-uringan satu sama lain, membuat mereka debat kusir nyaris di setiap bab, dan itu pertanda bagus :]

Aku tidak tahu apakah ini salahku yang tidak bisa mendapatkan feel-nya ketika membaca buku itu karena halamannya yang lebih banyak, tapi kenyataannya aku harus menunggu lebih lama untuk melihat bagian yang aku suka (bagian romantisnya). Dan itu agak membosankan. Walaupun aku tahu bahwa proses itu dibutuhkan dalam sebuah cerita.

Dari 1-5, aku memilih 4.8 untuk buku ini.

Untuk para penggemar Ilana di luar sana, kuanjurkan kalian mengkoleksi buku ini, worth it kok.😉

Bagi yang belum membaca bukunya, jangan baca tulisan setelah ini. *Spoiler alert*

Ilana menceritakan bahwa Mia Clark adalah anak yang diaopsi oleh pasangan Clark, tapi sampai Mia meninggalpun aku tidak meilhat bahwa Ilana akan mengungkapkan kebangsaan Mia.

“Clark, kupikir wajahmu mirip orang Jepang” kata Alex Hirano. Apa itu berarti Mia orang Jepang?

Boleh aku menyimpulkan sendiri? Karena Ilana selalu menjadikan tokoh utama wanita sebagai orang Indonesia (atau setidaknya blasteran Indonesia) kupikir harusnya Mia adalah orang Indonesia, dan pada kenyataannya Ilana tidak membahasnya.

Jika aku melewatkan sesuatu, let me know.

Leave a Reply

